TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI NEGERI SAMBAS

Selasa, 26 April 2011

PENGANTAR MEMBUAT MEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM



Sampai saat ini media pembelajaran interaktif Pendidikan Agama Islam belum berkembang Rata Penuhdengan optimal di Indonesia. Salah satu kendala pengembangan media pembelajaran interaktif adalah kurang dikuasainya teknologi pengembangan media interaktif oleh para pengajar.
Piranti lunak pengembangan materi pembelajaran yang ada saat ini seperti Course Builder, Visual Basic, Flash atau Dream weaver cukup rumit sehingga hanya dikuasai oleh para pemrogram komputer sedangkan untuk guru Pendidikan Agama Islam pada umumnya hanya menguasai pembelajaran secara tradisional. Jadi pengembangan materi pembelajaran interaktif dengan komputer kurang optimal.
Pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam interaktif bisa optimal dengan kerjasama antara programer komputer dengan guru Pendidikan Agama Islam. Yang lebih ideal adalah seorang guru Pendidikan Agama Islam menguasai program komputer.
Pembuatan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam interaktif ini akan menggunakan piranti lunak presentasi Microsoft Powerpoint terbaru yaitu Microsoft Powerpoint 2007, sebuah piranti lunak yang memberikan banyak sekali manfaat bagi pembelajaran bahasa. Dua keuntungan pokok dari piranti lunak ini adalah:
(a) Tersedia di semua komputer berprogram Microsoft Office;
(b) Dapat dikembangkan oleh orang yang buta program komputer.
Meskipun piranti lunak ini mudah dan sederhana namun dapat memberikan manfaat yang besar bagi pembelajaran bahasa. Piranti lunak ini dapat menampilkan teks, gambar, suara, dan video. Dengan demikian, piranti lunak ini bisa mengakomodasi semua kegiatan pembelajaran bahasa interaktif seperti mendengarkan, membaca, menulis dan juga bermain language games. Tampilan yang dihasilkan dari piranti lunak ini bisa semenarik program yang dibangun dengan piranti lunak yang canggih.
Untuk itu sangat diharapkan sekali kepada para guru Agama Islam yang ada di Madrasah atau guru Pendidikan Agama Islam yang ada di sekolah umum untuk menggunakan Media Pembelajaran setidak-tidaknya menggunakan program tersebut. Lebih-lebih lagi bisa mengkombinasikan antara masing-masing program komputer

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda
Thank you for your comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Masukkan Blog/ Web Anda Di sini Kemudian Komentar di Menu Blogger Sahabat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More