TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI NEGERI SAMBAS

Senin, 04 April 2011

Cara Mengatasi Tingkah Laku Anak Agresif

Pada postingan sebelumnya, kita telah mengetahui sebab anak bertindak agresif. Untuk selanjutnya kita harus bisa mengupayakan anak tidak bertindak agresif sedini mungkin. Nah, caranya bagaiamana?

Pertama: Membiarkan anak-anak melakukan kesibukan dengan cara berpikir kemudian bertindak. Seperti bermain, menyalurkan hobi, dan aktivitas yang menggabungkan antara pikiran dan tindakan harus diserahkan kepada anak.
Kedua: Memberikan hadiah dan hukuman dengan segera sebagai cara membatasi atau menanggulangi tindakan agresif.
Ketiga: Memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk bermain secara bebas dengan rekan-rekan yang seusianya. Permainan yang melibatkan lari, naik sepeda, main bola, renang, berjalan, dan lain sebagainya. Mengisi waktu luang anak dengan aktivitas-aktivitas seperti ini sangat penting, agar mereka tidak bertindak agresif. Jika memungkinkan, anak sebaiknya dilibatkan dalam kumpulan olahraga. Tetapi jika keperluan materi tidak mencukupi, maka halaman rumah meskipun sempit dapat digunakan untuk tempat anak bermain. Semua ini tentu harus dilakukan dengan pemantauan dan melibatkan orang-orang dewasa.
Nasihat terpenting ialah meransang sikap percaya diri anak dan memberikan penilaian secara wajar harus dilakukan.

Kata-kata penutup ini mungkin dapat dijadikan sebagai dasar untuk mendidik anak: "Kami tidak akan memukul orang, tetapi kami juga tidak akan membiarkan orang lain memukul kami". Ulangilah kalimat tadi di depan anak.

Mudah-Mudahan Bermanfaat..amiiin..

1 komentar:

udah tak pasang link anda silahkan cek yhanks udah tukeran link
http://gratisan92.blogspot.com/p/baner-link-teman.html

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda
Thank you for your comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Masukkan Blog/ Web Anda Di sini Kemudian Komentar di Menu Blogger Sahabat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More