TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI NEGERI SAMBAS

Jumat, 08 April 2011

Tips & Tricks Memotret Sempurna Dengan HP/ Ponsel (1)

Kamera ponsel terbaru umumnya sudah dilengkapi dengan resolusi minimal sebesar 2 MP. Walaupun belum sekelas dengan kamera yang mahal, Anda masih dapat menghasilkan foto yang baik. Baiklah di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips memotret sempurna dengan kamera ponsel anda.


Tips yang pertama: Gambar Bebas Noise

Kamera ponsel biasanya menggunakan sensor kecil sehingga kurang peka cahaya. Dalam ruangan tertutup atau gelap diperlukan banyak cahaya agar gambar tidak blur. Kondisi ini bisa dilihat melalui EXIF data sebuah gambar ponsel. Bila cahaya yang diukur sensor terlalu sedikit sehingga gambar akan blur, maka sensitivitas CCD-chip akan ditambah. Tidak masalah bila gambar hanya ingin dinikmati melalui ponsel. Namun, begitu ditampilkan pada laya PC atau dicetak, noise akan terlihat. Gambar terlihat seperti saluran TV yang buruk. Efek ini disebut "Brightness and Cloro Noise". Noise ini memang dapat diminimalkan dengan program editing gambar. Namun, lebih baik jika noise bisa dikurangi saat gambar diambil.

Meminimalkan Noise Gambar: Teorinya, semakin banyak cahaya yang tersedia, semakin kecil noise gambar. Jadi, pastikan agar cahaya yang tersedia sudah mencukupi. Beberapa ponsel memang menyediakan Night Mode. Namun, sebaiknya hindari memotret dalam kondisi yang minim cahaya.

Menghilangkan warnaL Menghilangkan warna merupakan cara yang baik agar gambar tidak noise. Penguatan listrik sinyal CCD menimbulkan aberration (cacat) pada tampilan setiap pixel untuk warna dan brightness. Namun pada mode hitam-putih atau sephia, noise ini hampir tidak terlihat. Gambar hitam-putih memang berbeda dengan gambar warna. Foto monochrom tidak cocok untuk suasana pesta, melainkan untuk interior, potret romantis, atau suasana melankolis.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda
Thank you for your comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Masukkan Blog/ Web Anda Di sini Kemudian Komentar di Menu Blogger Sahabat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More