TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI NEGERI SAMBAS

Minggu, 26 Juni 2011

Apa sih komputer itu?


Apakah kita pernah melihat komputer? Apakah kita sudah pernah menggunakannya? Apakah di rumah kita juga ada komputer? Yang tentunya, saat membaca ini, kita sudah berhadapan dengan komputer.
Komputer berasal dari bahasa latin, yaitu computare, sedangkan orang Inggris menyebutnya computer yang berarti menghitung (to compute). Di negara kita, orang menyebutnya komputer. Pada awal diciptakan, komputer dikembangkan untuk membantu manusia melakukan perhitungan matematika, akan tetapi dengan perkembangannya yang begitu pesat, fungsi komputer tidak hanya untuk menghitung sahaja, tetapi dapat juga digunakan untuk mengolah data baik angka, teks/ huruf, atau data berbentuk gambar. Kita juga sering melihat komputer digunakan untuk mengendalikan mesin dan alat produksi di pabrik, menggambar, berkomunikasi, bahkan ada juga komputer yang digunakan untuk menonton film.
Ternyata, komputer bisa melakukan banyak pekerjaan. Kalau demikian, apakah pengertian komputer di atas salah? Sama sekali tidak! Semua pekerjaan yang dilakukan komputer berdasarkan pada perhitungan. Untuk mengendalikan mesin, menggambar , dan berkomunikasi, komputer melakukannya dengan menghitung sebuah susunan angka-angka.
Hasil perhitungan inilah yang kita lihat sebagai “hasil kerja” komputer, yaitu mesin yang bergerak dengan teratur, gambar yang indah dengan warna yang menarik, dan komunikasi yang lancar.
Pasti kita pernah menggunakan kalkulator?? Apakah perbedaan kalkulator dengan komputer? Perbedaan utamanya ialah kalkulator hanya dapat menghitung angka-angka saja, sedangkan komputer tidak hanya dapat menghitung angka-angka serta huruf, dan mengenal simbol-simbol dari suatu bilangan.
Pada zaman modern sekarang ini, komputer bukan lagi barang aneh atau mewah, di kalangan mahasiswa sekarang ini rata-rata 60% sudah mempunyai komputer/ laptop, di Sambas juga sekarang ini guru dan mahasiswa  serta yang lainnya sudah banyak mempunyainya, hal ini dikarenakan semua kegiatan menggunakan komputer.
Di bawah ini ada beberapa pendapat para ahli tentang pengertian komputer diantaranya sebagai berikut:
1.     Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian dan memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
2.     Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
a.     Menerima input
b.     Memproses input tadi sesuai dengan programnya, dan
c.     Menyediakan output dalam bentuk informasi
3.     Komputer adalah suatu pemproses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan arithmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia.
4.     Komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat diprogram untuk melakukan pemprosesan data dan membuat perhitungan dan mengolah simbol-simbol (lambang atau gambar)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda
Thank you for your comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Masukkan Blog/ Web Anda Di sini Kemudian Komentar di Menu Blogger Sahabat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More