TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI NEGERI SAMBAS

Sabtu, 18 Juni 2011

Pengertian tujuan pendidikan


Dilihat dari segi kebahasaan, kata tujuan berakar dari kata dasar “tuju” yang berarti arah atau jurusan. Tujuan berarti maksud atau sasaran (WJS. Poerwadarminta 1998: 18), atau dapat juga berarti sesuatu yang hendak dicapai (Ngalim Purwanto 1998: 18).
Adapun pengertian tujuan secara istilah ialah batas akhir yang dicita-citakan seseorang dan dijadikan pusat perhatiannya untuk dicapai melalui usaha (Hery Noer Aly 1995: 51). Dengan demikian, secara sederhana yang dimaksud dengan tujuan pendidikan ialah batas akhir yang dicita-citakan akan tercapai melalui suatu usaha.
Pengertian tujuan pendidikan secara lebih luas dikemukakan oleh Syaibany (1979: 39). Menurutnya, yang dimaksud dengan tujuan pendidikan ialah perubahan yang diinginkan yang diusahakan oleh proses pendidikan, baik pada tingkah laku individu dan pada kehidupan pribadinya, atau pada kehidupan masyarakat dan alam sekitar tempat individu itu hidup, atau pada proses pendidikan dan pengajaran, sebagai suatu aktivitas asasi dan sebagai professi di antara professi-profesi asasi dalam masyarakat.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan pendidikan ialah hasil akhir yang diinginkan atau yang ingin dicapai melalui proses pendidikan

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda
Thank you for your comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Masukkan Blog/ Web Anda Di sini Kemudian Komentar di Menu Blogger Sahabat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More