TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI NEGERI SAMBAS

Jumat, 22 Juli 2011

BAGAIMANA MEMBUAT PESERTA DIDIK AKTIF SEJAK DINI

     Hal yang paling penting dalam belajar adalah bagaimana membuat peserta didik aktif sejak awal. Jika tidak, maka akan terjadi resiko kebekuan dalam belajar. Sangatlah penting membuat kegiatan pembuka pelajaran agar peserta didik lebih mengenal, membangkitkan pikiran dan terpancing perhatiaannya terhadap mata pelajaran.
Pengalaman ini dapat dianggap sebagai "pembangkit selera" (appetizer). Pembangkit selera akan menggiring peserta didik pada sebuah rasa yang diminati. Pada saat pembelajran akan dimulai penting sekali mengurai tujuan-tujuan yang akan dicapai, walaupun pelajaran hanya terhadi dalam satu sesi, hendaknya tidak terabaikan tujuan-tujuan tersebut.
     Substansi pembangkit selera adalah membangun team (team building), penegasan, dan keterlibatan belajar seketika. Semua tujuan ini dipakai untuk mengembangkan lingkungan belajar yang melibatkan peserta didik, meransang kemampuan peserta didik untuk mengambil peran dalam pembelajaran aktif.
    Strategi pembuka pelajaran adalah strategi pemecah kebekuan (icebreaker) yang memiliki relevansi aktif terhadap mata pelajaran. Strategi ini adalah transisi yang memiliki hubungan erat antara peserta didik dengan mata pelajaran untuk keterlibatan sepenuhnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda
Thank you for your comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Masukkan Blog/ Web Anda Di sini Kemudian Komentar di Menu Blogger Sahabat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More