TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI NEGERI SAMBAS

Minggu, 24 Juli 2011

GAYA MENGAJAR YANG BAIK

Sebelum membahas tentang gaya mengajar yang baik, sejenak dan ada baiknya kita kembali ke masa dahulu sewaktu kita masih duduk di bangku sekolah.
Ayo...coba di ingat-ingat kembali ke masa sekolah kita dan jawablah pertanyaan berikut ini:

  1. Pelajaran apa yang paling kita sukai? Mengapa?
  2. Pelajaran apa yang kita tida sukai? Mengapa?
  3. Siapa guru Favorit kita? Mengapa?
  4. Siapa guru yang kita tidak sukai cara mengajarnya? Mengapa?
  5. Siapakah guru yang paling kita sukai cara mengajarnya? Mengapa?
  6. Pernahkah kita mengalami di mana kita tidak bisa mengerti apa yang diajarkan oleh guru kita? Mengapa?
  7. Pernahkah kita mengalami, pelajaran yang sama saat dibawakan oleh guru lain, kita sangat senang mengikutinya dan dapat mengerti dengan mudah?
Jikalau kita dapat mengingat dengan baik, akan sangat jelas bahwa peran guru dalam membawakan materi pelajaran sangat berpengaruh terhadap murid. Kita sering kali mendengar murid yang tidak tertarik mengikuti pelajaran karena merasa bosan dan mengantuk. Sebenarnya tidak ada pelajaran yang membosankan. Yang benar adalah GURU YANG MEMBOSANKAN karena tidak mengerti cara menyajikan materi dengan benar, baik, menyenangkan dan menarik minat serta perhatian murid.
Dulu, kita beranggapan bahwa murid itu ibaratnya sebuah wadah kosong yang dapat kita isi dengan apa saja yang kita inginkan, termasuk pengetahuan. Dulu kita berpikir, bila kita mengajar, murid akan belajar. Guru berpandangan kuno selalu berpikiran bahwa tugasnya hanyalah menyampaikan materi, sedangkan tugas murid adalah mengerti apa yang ia sampaikan. Guru tipe ini tidak pernah merasa bertanggung jawab bila muridnya tidak mengerti apa yang ia sampaikan. Bila murid tidak mengerti, itu urusan mereka. Saat ini masih banyak guru yang bersikeras berpegang pada paradigma kuno ini. Satu hal yang perlu disampaikan kepada guru tipe ini adalah, bila kita bersikeras tidak mau tahu dan tidak mau bertanggu jawab terhadap proses dan hasil pembelajaran, disarankan agar JANGAN MENGAJAR. Murid cukup diberi buku sahaja. ada atau tidak ada guru sama sahaja.

2 komentar:

jadi gaya mengajar yang baik nya gimana nih pak? :)

Jadi, tanggung jawab terhadap kewajiban yang diemban itu lah yang paling pertama ditanamkan. setelah itu dari pertanyaan di atas sudah dapat tergambar bagaiman cara mengajar yang baik.

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda
Thank you for your comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Masukkan Blog/ Web Anda Di sini Kemudian Komentar di Menu Blogger Sahabat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More