TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI NEGERI SAMBAS

Jumat, 26 Agustus 2011

DAPATKAH KITA MELIHAT BUNYI??




Bunyi atau suara adalah kompresi mekanikal atau gelombang longitudinal yang merambat melalui medium. Medium atau zat perantara ini dapat berupa zat cair, padat, gas. Jadi, gelombang bunyi dapat merambat misalnya di dalam air, batu bara, atau udara.

Dari pengertian bunyi di atas, sepertinya kita hanya dapat merasakan dan mendengar bunyi. Ya, memang. sesuai dengan judul postingan di atas, kita tidak akan dapat melihat bunyi di udara, tetapi kita dapat melihat getaran besar di benda-benda padat yang menghasilkan suara, seperti pengeras suara atau mesin.

Kita juga dapat melihat gelombang benda cair, contohnya air, saat bunyi melewatinya. Sebenarnya bunyi yang kita dengar berasal dari getaran tingkat getaran lebih dari 20 kali perdetik, yang disebut dengan 20 Hz. Mata kita tidak dapat mengikuti kecepatan getaran tersebut, jadi tampak kabur.
Kepakaan sayap kupu-kupu, memiliki frekuensi 10 Hz (sepuluh kali per detik), sangat pelan untuk kita dengar. Burung kolibri mengepakkan sayapnya 100 Hz, cukup cepat sehingga menghasilkan dengungan, tetapi jika dilihat tanpak kabur.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda
Thank you for your comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Masukkan Blog/ Web Anda Di sini Kemudian Komentar di Menu Blogger Sahabat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More