TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI NEGERI SAMBAS

Minggu, 14 Agustus 2011

TIPS SUPAYA HIDUP KITA BUGAR DAN FIT SEPANJANG HARI?



Secara umum, vitalitas tubuh dipengaruhi oleh pola makan, gerak tubuh, pola istirahat dan pengendalian emosi. Di samping itu, kondisi lingkungan hidup juga dapat menganggu konsentrasi dan vitalitas tubuh. Misalnya, kita akan sulit berpikir dan bertindak dalam cuaca yang ekstrem, seperti sangat panas atau dingin. Kadang-kadang, kita merasa malas bangun di pagi yang dingin, merasa susah berpikir di siang yang panas, merasa lemas di sore hari, dan susah tidur di malam hari.
Manusia tentu merasakan bahwa kondisi lingkungan hidup disekitarnya terus beruvah dan terjadi berulang-ulang membentuk suatu siklus. Secara umum, kita mengenal adanya siklus tahunan, seperti musim hujan dan musim kemarau. Siklus bulanan, seperti musim pasang surutnya air laut; dan siklus harian, seperti pergantian siang dan malam. Siklus tahunan terjadi karena planet bumi berputar (berotasi) mengelilingi matahari. Siklus bulanan terjadi karena bulang mengelilingi planet bumi, sedangkan siklus harian terjadi karena bumi berotasi, yaitu berputar pada porosnya.
Oleh karena adanya siklus ini, maka setiap makhluk yang hidup di planet bumi dirancang untuk mampu menyesuaikan diri (beradaptasi) dalam menghadapi perubahan-perubahan kondisi alam di lingkungan hidupnya. Ada aneka ragam jenis makhluk yang hidup di bumi, yang berarti ada aneka ragam rancangan dasar dalam beradapatasi.
Ada yang dirangcang sebagai makhluk yang aktif di musim panas dan istirahat di musim dingin, ada juga sebaliknya, aktif di musim hujan dan istirahat di musim kemarau. Ada makhluk yang dirancang aktif di siang hari dan istirahat di malam hari, ada juga yang aktif di malam hari dan istirahat di siang hari. Manusia termasuk makhluk yang dirancang untuk berakativitas di siang hari dan istirahat di malam hari.

“Dan, Dialah yang menjadikan bagi kamu malam sebagai pakai dan tidur untuk istirahat, dan Dia menjadikan siang untuk berusaha”
(Al-Qur’an)

Jadi, manusia tergolong makhluk siang, bukan makhluk malam. Secara fitrah (alamiah), kebugaran manusia akan terpengaruh oleh perubahan kondisi lingkungan di siang atau malam hari. Dan, sebagaimana makhluk lain, dalam penciptaannya, manusia diberi kemampuan beradaptasi terhadap segala perubahan kondisi lingkungan harian. Bila tidak bisa beradaptasi dengan baik, maka manusia akan merasakan dampaknya.

Kesimpulannya, untuk jawaban di atas adalah lakukanlah proses penyesuaian diri (adaptasi) terhadap perubahan lingkungan harian dengan lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda
Thank you for your comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Masukkan Blog/ Web Anda Di sini Kemudian Komentar di Menu Blogger Sahabat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More