TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DI NEGERI SAMBAS

Senin, 20 Februari 2012

LAPORAN TERKINI KEGIATAN MTQ DI SUBAH

Sebanyak 531 kafilah ikut menyemarakan Pembukaan MTQ ke XXV Tingkat Kabupaten Sambas tahun 2012 di Kecamatan Subah. Pembukaan  MTQ dibuka oleh Bupati Sambas, dr Juliarti Djuhardi Alwi MPh di lapangan sepak bola Desa Sungai Sapak Kec. Subah, Senin (20/2) malam. Yang dihadiri Asisten I Provisi Sambas, Sumarno, MSi, Wakil Bupati Sambas, DR Pabali Musa M.Ag, Wakil Ketua DPRD Propinsi Kalbar, Wakil Ketua DPRD Kab. Sambas, Polres Sambas, Sekda Sambas, Ketua LPTQ Kab. Sambas, Ketua MUI Kab Sambas, Ketua MABM Kab. Sambas, Ketua MABD Kab. Sambas, Ketua  MABT Kab. Sambas dan Pejabat Eselon II, III dan IV dilingkungan Pemkab Sambas.

Ketua Panitia MTQ ke XXV Tingkat Kabupaten Sambas, Mulyadi, merupakan Camat Subah melaporkan peserta yang ikut menyemarakan Pembukaan MTQ ke XXV Tingkat Kabupaten Sambas di Kecamatan Subah berjumlah 531 orang se Kecamatan Kab. Sambas termasuk ofisial. “adapun cabang yang diperlombakan antara lain tilawah anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra, golongan tartil anak-anak dan usia emas. Kemudian Habsil Al- Qur’an, fahmil qur’an, shahril qur’an, qurtil qur’an katogeri naskah dekorasi dan hiasan mushaf,”jelasnya.

Digelarnya MTQ ke XXV Tingkat Kabupaten di Subah, terangnya merupakan sebagai wadah untuk menggali qori dan qori'ah di bumi Terpikat Terigas, dengan tujuan  sebagai seni  baca Al-Qur’an, pemahaman dan pengahayatan isi dalam kandungan Al-Qur’an. “kemudian juga untuk meningkatkan Ukhuwah  Islamiyah mementapkan kerukunan antar umat beragama dalam bingkai NKRI, dan meyiapkan kafilah Kabupaten Sambas dalam MTQ ke XXIV tingkat propinsi kalbar di KabupatenMalawi, “pungkasnya. Tema Pembukaan MTQ ke XXV Tingkat Kabupaten Sambas di Subah yaitu “DENGAN SEMANGAT KEAGAMAAN DAN KEBERAGAMAN SERTA UKHUWAH ISLAMIYAH  MELALUI MTQ KITA TINGKATKAN PEMAHAMAN ISI DAN KANDUNGAN AL-QUR'AN SEBAGAI PUNDAMEN DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA”.

Bupati dalam sambutanya mengatakan pembukaan MTQ ke XXV tingkat Kab. Sambas di Kec. Subah sangat meriah ini sebagai bukti masyarakat subah sudah berubah dan juga ia mengatakan ketika berada di Subah hilang rasa "kappak" walaupun baru datang dari Jakarta“ . Sebelumnya ketua MTQ tingkat Kab. Sambas merasa ragu mampu dak untuk melaksanakan MTQ di Subah, tapi kenyataannya telah terbukti bahwa masyarakat subah bisa mewujutkan pelaksanakan MTQ yang megah dan meriah ini, “katanya.

Menurutnya sebagaimana kita yakini yang telah terpatri dalam dada kaum muslimin bahwa Al-Quran adalah kalamulah yang diturunkan sebagai mukjizat kepada Nabi  Muhammad SAW. “Al-Quran diturunkan sebagai pegangan manusia pada umumnya dan bagi umat islam khusunya untuk mencapai kebahagian di dunia dan akhirat. Al-quran mengandung nilai-nilai keimanan, sariah, ahlak serta peratuan yang mengatur tingkah laku dan tata cara kehidupan manusia baik mahluk individu maupun mahluk sosial, al-quran dengan susunan kata yang indah kalimat yang baik dan yang terang serta gaya  bahasa yang mengagumkan memberikan inspirasi yang tidak pudar semakin dalami sebakin kita yakini akan kebenaranya dan kita baca dengan suara yang indah semakin terasa keindahan, kedamaian dan kesejukan dari pancaran kandungan al-quran.”ujarnya.

Lanjut mantan Kadis Kesehatan menjelaskan pelaksanaan MTQ merupakan selaras dengan visi misi Pemerintah Kab. Sambas Bela Terpikat Terigas dan moto LPTQ yaitu membumikan Al-Qur’an. “karena tujuan dari pada visi kabupaten sambas kususnya bagi umat islam yang nantinya menjadi insan yang kurani,“ujarnya. Ia mengajak seluruh komponen masyarakat, untuk menjadikan Al-Quran sebagai pedoman untuk menciptakan tatanan kehidupan yang harmonis antar eknis yang damai, ramah dan toleransi mari kita bangun Kab. Sambas yang santun, anggun, unggul dan maju dengan cara sesuai dengan agama kahususnya yang islam dengan cara islami dan kurani. “tandasnya. Juliarti berharap kepada semua kompenen untuk terus berjung menciptakan masyarakat  yang Qur’ani dan Islami .”untuk dapat berjuang dan dapat menciptakan masyarakat yang kurani dan islami dalam mengatasi permasalahan secara globalisasi sesuai tutunan Al-Qur'an dan sunah Rasulullah SAW, “terangnya.

Sementara Asisten I Propinsi Kalbar, Sumarno membacarakan sambutan Gubernur Kalbar mengatakan dengan dilaksanakanya MTQ ini semoga dapat menambah kecintaan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga dapat menjadi pilar yang kokoh untuk mengujudkan  pembangunan di Kab. Sambas. “MTQ bertujuan sebagai ajang untuk mengukur dan mengukir prestasi dalam membaca dan isi kandungan al-quran tentuanya diharapkan menjadi media seleksi sebagai duta terbaik kab. Sambas untuk mengikuti MTQ ke XXIV tingkat propinsi kalbar di kabupatenmalawiyang diperkirakan dilaksankan pada bulan mei 2012 nanti, “terangnya.

Ia berharap pelaksanaan MTQ ini tidak hanya menonjulkan kemeriyahan saja namau memberikan makna positif dalam memupuk rasa persatuan dan kesatuan antar umat beragama. “ia berpesan dengan pelaksanaan MTQ hendak dapat  memahami dan menghayati isi kitab al-qur’an yang dapat diaktualisasikan dalam kehidupan bermasyarakat terutama menjunjung tinggi nilai umat beragama guna mewujudkan masyarakat Kab. Sambas yang agamis, bermoral dan berahlak. “ujarnya.

1 komentar:

semoga berjalan lancar acara MTQnya..

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda
Thank you for your comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Masukkan Blog/ Web Anda Di sini Kemudian Komentar di Menu Blogger Sahabat

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More